Super Larangan Menyiksa Binatang dalam Islam yang harus kita ketahui

Islam sangat menjunjung tinggi kasih sayang, sampai pada hewan yang akan disembelihpun tidak boleh disiksa. Kita dilarang menyiksaa binatang seperti mengikatnya lantas di panah.

Dari Ibnu abbas radhiyyallahu 'anhuma bahwasanya Nabi Muhammad SAW bersabda "Janganlah jadikan hewan yang bernyawa sebagai sasaran ( Tembak atau panah). ( HR Muslim no. 1957).

Dari Jabir radhiyyallahu 'anhuma Berkata, "Rasulullah SAW melarang pembunuhan binatang dengan di ikat lantas dipanah" (HR Muslim no. 1959).




Beberapa faedah dari hadits di atas, yaitu :
  1. Diharamkan menjadikan hewan dengan sasaran tembak dengan mengikatnya lalu dipanah karena hal itu merupakan bentuk penyiksaan. Di dalamnya terdapat bentuk pengrusakan, menghambur-hamburkan harta, dan tidak melakukan penyembelihan secara syar'i.
  2. Jika ada hewan yang mampu disembelih, maka dilarang membunuhnya dengan tidak semestinya hewan itu di sembelih. Dan Dibolehkan apabila hewan yang tak mampu untuk disembelih dengan cara diburu dan di panah dibagian manapun dari tubuhnya.
  3.  Islam mengajarkan untuk menyayangi segala manusia dan hewan, segala bentuk penyiksaan terhadap hewan itu di haramkan.
Kali ini hanya ini yang bisa saya sampaikan, Kebenaran hanya milik Allah.
Semoga bermanfaat...*


Islam Itu Indah

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Super Larangan Menyiksa Binatang dalam Islam yang harus kita ketahui"

Post a Comment